May 30, 2023

Bollywoodbuzzz.com

The News Blog

Rahul Bajaj – pria yang menempatkan rata-rata orang India di atas dua roda bermotor, meninggal dunia

             

Pune (Maharashtra) [India] (ANI): Rahul Bajaj, pria yang membuat merek Bajaj menjadi nama rumah tangga melalui mannequin skuter seperti Chetak dan Priya dan mobil roda tiga Bajaj yang ada di mana-mana, meninggal pada usia 83 pada hari Sabtu, hampir setahun setelah mengundurkan diri sebagai non-eksekutif Ketua Bajaj Auto.

Seorang penerima penghargaan Padma Bhushan Rahul Bajaj adalah salah satu ketua terlama di perusahaan India. Dia mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Ruby Corridor di Pune.
“Rahul Bajaj meninggal hari ini pukul 14.30 WIB. Dia meninggal karena masalah jantung dan paru-paru. Dia dirawat selama satu bulan terakhir di rumah sakit Ruby Corridor di Pune,” kata Dr Parvej Grant, ketua rumah sakit Ruby Corridor kepada ANI.

Rahul Bajaj

“Dengan duka yang mendalam saya memberitahu Anda tentang meninggalnya Shri Rahul Bajaj, suami mendiang Rupa Bajaj dan ayah dari Rajiv/Deepa, Sanjiv/Shefali dan Sunaina/Manish. Dia meninggal pada sore hari 12 Februari 2022 di hadapan anggota keluarga terdekatnya, ”kata Bajaj Group dalam sebuah pernyataan.

Rahul Bajaj mengundurkan diri sebagai ketua non-eksekutif Bajaj Auto pada April 2021, menyerahkan posisinya kepada sepupunya Niraj Bajaj.

Dia telah mengundurkan diri dari peran eksekutif perusahaan Bajaj Group sebelum pemilihannya ke Rajya Sabha, majelis tinggi parlemen, 2006. Dia menjabat sebagai anggota Rajya Sabha dari 2006 hingga 2010.

Putra bungsu Rahul Bajaj, Sanjiv Bajaj, telah mengambil alih sebagai ketua dari kedua perusahaan keuangan grup – Bajaj Finance dan Bajaj Finserv. Putra sulungnya Rajiv Bajaj adalah Managing Director Bajaj Auto.

Lahir pada 10 Juni 1938, Rahul Bajaj mengambil alih sebagai Chief Government Officer Bajaj Auto pada tahun 1968 dan diangkat sebagai Managing Director perusahaan pada tahun 1972. Dia mengundurkan diri dari posisi itu pada tahun 2005.

See also  Netflix : Paket pembayaran berbagi sandi baru di 5 negara

Bajaj juga menjabat sebagai presiden atau ketua beberapa badan industri. Dia menjabat sebagai presiden Konfederasi Industri India (CII) dua kali – dari 1979 hingga 1980 dan lagi dari 1999 hingga 2000.

Dia pernah menjabat sebagai Ketua Indian Airways dari tahun 1986 hingga 1989. Dia juga menjabat sebagai presiden Society of Indian Car Producers (SIAM).

“Rahul Bajaj berjalan melintasi lanskap industri India seperti raksasa. Dia adalah salah satu dari sedikit bintang yang menciptakan industri otomotif India. Dia adalah pelopor yang membangun budaya kualitas dan teknologi,” kata Venu Srinivasan, Ketua, TVS Motor.

Rahul Bajaj meraih gelar Sarjana di bidang ekonomi, gelar hukum dari Universitas Mumbai dan MBA dari Harvard.

Mengekspresikan belasungkawa Mantan Menteri Keuangan P Chidambaram mengatakan, “Rahul Bajaj adalah orang yang menempatkan rata-rata orang India di atas roda dua bermotor. Dalam kematiannya, kita telah kehilangan seorang pemimpin bisnis yang berpandangan jauh ke depan dan blak-blakan. Belasungkawa tulus saya kepada keluarganya dan banyak anggota keluarga Bajaj dan kelompok bisnis Bajaj.”

“Rahul Bajaj adalah kapten dan suara Industri India. Dia adalah ahli manufaktur dan benar-benar pilar industri otomotif. Sebagai Sekretaris, DIPP beberapa kali berinteraksi dengan beliau. Mengagumi dia karena selalu jujur ​​dan tak kenal takut. India telah kehilangan pembangun bangsa Gr8, ”kata CEO Niti Aayog Amitabh Kant dalam sebuah tweet.

Menteri Persatuan Nitin Gadkari juga memberikan penghormatan.

“Penghormatan tulus saya kepada Rahul Bajajji, seorang pengusaha sukses, dermawan dan mantan ketua Bajaj. Saya memiliki hubungan pribadi dengan penerima penghargaan Padma Bhushan Rahulji selama bertahun-tahun. Rahul ji, yang telah memimpin Grup Bajaj selama lima dekade terakhir, telah berperan penting dalam industri ini. Semoga Tuhan mengistirahatkan arwah yang meninggal dan memberi kekuatan kepada anggota keluarga. Om Shanti, ”katanya dalam tweet.

See also  Seri T20 India vs Hindia Barat: Bisakah tim Nicholas Pooran menghentikan India?

Kepala Menteri Madhya Pradesh Shivraj Singh Chouhan juga turut berduka cita atas meninggalnya Bajaj.

“Meninggalnya Rahul Bajaj, Ketua emeritus Grup Bajaj merupakan kerugian bagi komunitas bisnis India. Belasungkawa saya kepada keluarga yang ditinggalkan dan kelompoknya, ”kata Chouhan dalam sebuah tweet.

Presiden Partai Kongres Nasionalis (NCP) Sharad Pawar juga menyampaikan belasungkawa atas kematian Rahul Bajaj.

“Saya sangat terkejut mengetahui tentang kematian menyedihkan Padma Bhushan Shri Rahul Bajaj! Cucu pejuang kemerdekaan terkemuka Jamnalal Bajaj membawa transformasi di masyarakat terutama di masyarakat miskin dan kelas menengah dengan teknologi roda duanya – Sepeda Bajaj!” tweet Pawar.

“Kendaraan yang terjangkau meningkatkan mobilitas, memudahkan perjuangan mendapatkan mata pencaharian dan menjadi alat perubahan sosial ekonomi! Kami orang India sangat berhutang budi atas kontribusinya yang besar bagi industri ini, ”katanya dalam tweet lain.

“Saya berduka dengan meninggalnya teman dekat saya. India telah kehilangan seorang industrialis, filantropis, dan mercusuar bagi pengusaha muda! Hamara Bajaj,” katanya.

Mantan menteri serikat pekerja Praful Patel mengatakan bahwa Rahul Bajaj dikreditkan dengan membuat merek Bajaj menjadi nama rumah tangga.

“Bersedih dengan meninggalnya industrialis terkenal dan salah satu ketua terlama di perusahaan India, Padma Bhushan Rahul Bajajji. Dia dikreditkan dengan membuat merek Bajaj menjadi nama rumah tangga. Belasungkawa tulus saya untuk anggota keluarganya,” cuit Patel.

“Sangat sedih mendengar tentang meninggalnya Padma Bhushan Rahul Bajaj. Dia adalah salah satu Pemimpin Bisnis terkemuka yang pernah dilihat bangsa kita, dan menjadi inspirasi bagi semua orang. Kami akan sangat merindukannya dan nasihat bijaknya,” cuit anggota parlemen Partai Kongres Nasionalis Supriya Sule. (gambar – instagram)